Rabu, 08 Agustus 2012

Mengurus sendiri Visa Schengen

Teman-teman Backpacker Dunia yang ingin backpacking ke Eropa,

karena saking seringnya ditanya-tanya soal pengurusan visa Schengen Eropa, maka di bawah ini informasi bagaimana pengurusan visa Schengen di Kedubes Belanda-- Anda bisa ambil visa schengen dari Kedubes negara-negara di bawah ini, syarat-syarat di bbrp kedubes negara Eropa hampir sama, saya beri contoh dari Kedubes Belanda ya): http://indonesia.nlembassy.org

Formulir bisa didownload d http://indonesia.nlembassy.org/dsresource?objectid=buzabeheer:266278&type=org

Visa Schengen berlaku di 25 negara di Eropa:

1. Austria
2. Belgium
3. Czech Republic
4. Denmark
5. Estonia
6. Finland
7. France
8. Germany
9. Greece
10.Hungary
11.Iceland
12.Italy
13.Latvia
14.Lithuania
15.Luxembourg
16.Malta
17.Netherlands
18.Norway
19.Poland
20.Portugal
21.Slovakia
22.Slovenia
23.Spain
24.Sweden
25.Switzerland (as per 12 December 2008)

Jadi dengan visa schengen itu, anda bisa keluar masuk ke 25 negara itu secara bebas. paling-paling kalo mau masuk Jerman, Republic Czech, Poland dan Latvia aja dicek paspor dan visa, tapi tidak ada stamp-stamp lagi. Stamp pada paspor hanya dilakukan di imigrasi bandara saat Anda tiba dan pulang.

Lebih baik VISA diurus sendiri saja, jangan diserahkan pada travel agent--mereka hanya memberi layanan mengantarkan saja/tidak ada jaminan bakal diapproved visanya. Dapat atau tidaknya visa sangat bergantung pada kelengkapan administrasi yang kita siapkan sendiri. Contoh biaya pengurusan visa di Kedubes Belanda hanya Rp 666.000, travel agent biasanya mencharge kita lebih dari itu, bahkan kadang di atas Rp 1 juta. Jadi, lebih baik diantar sendiri saja aplikasi visanya ke Kedubes.

Usahakan paspor jangan kosong melompong, coba pergi dulu ke negara-negara tetangga Spore, Malaysia, Thailand, Cambodia, Vietnam, Laos, Myamar. Ini contoh saja ya, agar dapat stempel buat menuh-menuhin paspor hehehe. Ada juga sih teman yang punya paspor kosong alias belum pernah ke luar negeri namun dapat visa Schengen, tapi sponsor/pengundangnya berposisi "kuat" di negara tersebut, alias tidak pernah bermasalah di negara itu.

Ini yang harus anda lakukan:

Download formulir aplikasi visa di http://indonesia.nlembassy.org/dsresource?objectid=buzabeheer:266278&type=org

atau mengambil formulir aplikasi visa Schengen (GRATIS) di Kedubes Belanda di Jakarta atau konsulat Belanda di bbrp kota di Indonesia, misal Bandung, Bali, Medan dan Surabaya. Alamat konsulat Belanda ada di sini: http://indonesia.nlembassy.org Untuk yang di Jakarta, formulir bisa diambil secara gratis di Kedubes Belanda

di Jl HR Rasuna Said Kav S-3Kuningan - Jakart Selatan 12950Telp 021-5248200

Setelah mendapat formulir, silahkan:

* Mengisi formulir secara lengkap

* Segera kontak/email kenalan/saudara anda di Belanda agar mereka pergi ke GEMEENTE (kantor walikota setempat dimana mereka tinggal). Beli formulir seharga Euro 14 (satu formulir). Mereka tinggal mengisi formulir itu dengan menyebut siapa yang diundangnya: nama, alamat, tempat tanggal/tanggal lahir orang yang diundang, no telp, email.

* Selain mengisi formulir dari gemeente, juga minta tolong pada kenalan untuk membuat surat undangan untuk anda yang isinya: mengundang anda, menyebutkan apa hubungan dia dengan anda (teman/kenalan/saudara), siapa yang akan mendanai perjalanan anda. Kalo anda mendanai sendiri perjalanan anda, siapkan saldo tabungan 3 bulan terakhir. Kalo kenalan/saudara anda yang mendanai maka minta dia menyiapkan saldo tabungannya 3 bulan terakhir. Artinya dia menjadi SPONSOR anda.

(Jika punya surat undangan/sponsor, artinya anda meminta VISA KUNJUNGAN)Ini contoh surat undangan/invitation letter: http://www.facebook.com/group.php?gid=128092889677&v=app_2373072738&ref=ts#!/topic.php?uid=128092889677&topic=17449

* Segera beli Asuransi perjalanan: bisa AXA atau ACA (di Jakarta AXA bisa dibeli di Gedung Mayapada Jl Jendral Sudirman). Harga asuransi bergantung pada lamanya perjalanan anda. Kedubes Belanda meminta asuransi perjalanan yang pertanggungannya minimum Euro 30.000.

Sebaiknya beli travel insurance AXA Premium yang pertanggungannya $US100.000.

Harga premi tergantung pada lamanya anda di Eropa.

Misal anda pergi 2 minggu, untuk premi single harganya $US43, jika mau ke Eropa 90 hari maka harga premi berkisar $US150 (single). Beli travel insurance paket family lebih murah.

http://www.axa-insurance.co.id/22/bhs/Personal-Insurance/Travel/SmartTraveller

INGAT: Jika anda tidak membeli asuransi perjalanan, maka saat anda datang ke Kedubes, berkas anda akan langsung ditolak dan akan disuruh kembali lagi ke Kedubes jika anda sudah beli asuransi perjalanan ini. Males banget khan kalo mesti bolak-balik ke Kedubes Belanda, apalagi kalo yang tinggal di luar kota.

* Siapkan reservasi tiket pesawat. (jika tidak terdesak, jangan membeli tiket dulu. Biasanya tiket promo membuat kita "panas" untuk langsung membelinya. Bisa saja kita beli tiket murah itu, tapi harus siap konsekuensi jika visa tidak diapproved. Jadi saya sarankan bikin reservasi tiket pesawat dulu untuk berjaga-jaga jika visa anda tidak diapproved.).

Jika tidak punya surat undangan atau sponsor, berarti anda meminta VISA TOURIST. Anda harus menyiapkan reservasi hotel selama perjalanan anda di Eropa. Jika anda di Eropa 2 minggu, maka akan diminta reservasi hotel selama 2 minggu anda menginap di hotel mana saja. Biasanya hotel2 meminta Down Payment 10% jikai reservasi di http://www.hostelbookers.com atau http://www.hostelworld.com Jika anda tidak mau bayar Down Payment dan Free jika ada pembatalan booking (tapi hanya hotel2 tertentu), coba reservasi di http://www.booking.com

Jika itu semua sudah siap, silahkan mengontak Kedubes Belanda untuk membuat appoinment guna menyerahkan berkas visa, tanggal appoinment bisa anda pilih dengan mengklik http://jakarta.embassytools.com/

Saudara/teman anda juga anda minta untuk segera mengirim email pada anda dan di-cc kepada jak-visa@minbuza.nl yang isinya:

- surat undangan yang dia buat untuk anda

- surat/formulir dari Gemeente

- foto kopi paspornya

- foto copy izin tinggalnya di Belanda (jika dia bukan orang Belanda asli) atau foto copy KTP buat yang asli Belanda.

Ingat, antrian untuk membuat janji/appoinment kadang-kadang PENUH atau BANYAK, karena itu secepatnya membuat appoinment. Aplikasi visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum perjalanan anda lakukan, dan minimum 2 minggu sebelum perjalanan anda karena proses pembuatan visa minimal 10-14 hari kerja.

* Jika anda sudah mendapat tanggal untuk appoinment, silahkan datang ke Kedubes Belanda dengan membawa:

1. paspor asli dan foto copynya.
2. foto kopi: KTP, kartu pegawai, kartu kredit (jika punya), Kartu Pelajar/Mahasiswa.
3. pas foto berwarna 3 x 4 cm dengan latarbelakang warna PUTIH.
4. formulir aplikasi visa Schengen yang sudah diisi lengkap
5. foto kopi KK (kalo travelling dengan keluarga/suami/istri)
6. surat undangan dari pengundang (keluarga atau kenalan yang tinggal di negara yang akan dikunjungi), formulir dari Gemeente, berikut foto kopi paspor dan izin tinggal/KTP pengundang.
7. kalo tidak punya undangan, lampirkan reservasi hotel selama anda di sana. 2 minggu di sana, lampirkan semua hotel yang akan anda inapi. (semua jadwal perjalanan/ITINERARY selama di eropa sana).
8. reservasi tiket pesawat.
9. surat keterangan kerja dari kantor (ini membuktikan anda punya pekerjaan di Indonesia, sehingga anda tidak dicurigai akan mencari pekerjaan di Eropa sana atau berimigrasi secara gelap). Jika masih pelajar/mahasiswa sertakan surat dari sekolah/kampus yang menyatakan bahwa anda adalah pelajar/mahasiswa di sekolah/kampus tersebut.
10. Asuransi perjalanan.
11. foto kopi saldo tabungan anda/pengundang. berapa besar tabungan, Kedubes Belanda meminta anda menyiapkan dana Euro 35/hari. Jadi kalo mau ke Eropa 10 hari, siapkan saldo tabungan Euro 350 = Rp 4,2 juta. Namun itu aturan di atas kertas. Praktiknya: Siapkan saja dana secukupnya di saldo tabungan anda. Misal mau ke Eropa 2 minggu, siapkan saldo tabungan minimum Rp 20-25 juta. siapkan saldo tabungan 3 bulan terakhir saja dan harus jelas di sana aliran uang masuk dan keluar. Jangan "ujug-ujug" atau tiba-tiba ada uang masuk Rp 20 juta, 50 juta misalnya, karena akan dianggap itu DANA PINJAMAN. Jadi atur saldo 3 bulan terakhir/menjelang pengajuan permohonan visa.

Perlu dicatat: ada yang saldonya Rp 100 juta, enggak dapat visa tuh. jadi saldo banyak bukan jaminan dapat visa. intinya: dengan saldo tabungan 3 bulan terakhir, jika anda punya pekerjaan maka akan ketahuan dana/gaji rutin yang masuk ke tabungan anda setiap bulannya.

Jika anda masih pelajar/mahasiswa dan menggunakan saldo rekening tabungan orangtua, sebaiknya lampirkan juga surat keterangan dari orangtua yang menyatakan bahwa anda adalah anak mereka. Lengkapi dengan fotokopi KK.

* Kalo anda tidak punya uang dan datang ke eropa karena diundang, sebaiknya gunakan SISTEM SPONSOR: jadi foto copy saldo tabungan si pengundang yang anda lampirkan pada aplikasi visa anda. Si pengundang juga harus memiliki penghasilan minimum Euro 1.250/bulan.
12. Setelah berkas diperiksa lengkap oleh petugas di Kedubes Belanda, maka anda akan diminta membayar biaya visa Euro 60/ Rp 666.000 (per orang).
13. Anda akan diberi potongan kertas untuk mengambil paspor dan visa schengen anda.

PRINSIPNYA:Jika anda memenuhi semua persyaratan yang saya tuliskan di atas, tentunya tak ada alasan Kedubes Belanda untuk menolak permohonan visa schengen anda.

Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat buat semua yang bermimpi ke EROPA.


“Ke Luar Negeri Bukan Lagi Mimpi”

Source: indobackpacker

42 komentar:

  1. terimakasih mas atas infonya, sangat membantu :) mohon doanya ya agar lancar ke belanda :)

    BalasHapus
  2. kalo untuk pergi ke swiss , pengundangnya harus pergi ke GEMENTEE juga atau gimana ? tolong infonya yah makasih .

    BalasHapus
  3. hi, untuk masalah reservasi tiket pesawat itukan disarankan klo bisa jgn di beli terlebih dahulu, trus gimana kita bisa dapet itinerynya? ada suggest untuk di website mana supaya bisa mendapatkan itinery tanpa harus membeli, tq

    BalasHapus
  4. Waaah mohon maaf rekans baru bisa jawab mengingat sekarang dikarenakan kami baru pulang travelling dari eropa, oh ya mas janu semoga sukses ya apply visanya, n mba putik untuk sponsorship/host non official dari swiss diharuskan mengisi form khusus pengundang yg bisa didapatkan di kantor pemerintah setempat di swiss, n sea pengalaman kami waktu buat tiket reservation, karena naik garuda kami datang langsung ke kantor garuda di senayan city n minta booking reservation ke mereka, atau kalo mau yg online bisa reservasi via airfrance n klm tapi ada biaya reservasi sekitar 20usd, atau travel agent sebenarnya juga bisa tapi biasanya merek minta reservation fee..demikian yg bisa saya share..btw kalo tertarik detil silahkan japri saya di abdulharis72@gmail.com nanti saya kasi alamat wa n line saya

    BalasHapus
  5. Waaah mohon maaf rekans baru bisa jawab mengingat sekarang dikarenakan kami baru pulang travelling dari eropa, oh ya mas janu semoga sukses ya apply visanya, n mba putik untuk sponsorship/host non official dari swiss diharuskan mengisi form khusus pengundang yg bisa didapatkan di kantor pemerintah setempat di swiss, n sea pengalaman kami waktu buat tiket reservation, karena naik garuda kami datang langsung ke kantor garuda di senayan city n minta booking reservation ke mereka, atau kalo mau yg online bisa reservasi via airfrance n klm tapi ada biaya reservasi sekitar 20usd, atau travel agent sebenarnya juga bisa tapi biasanya merek minta reservation fee..demikian yg bisa saya share..btw kalo tertarik detil silahkan japri saya di abdulharis72@gmail.com nanti saya kasi alamat wa n line saya

    BalasHapus
  6. Info nya sangat amat membantu dan detil sekali..
    Saya mau coba apply visa di dubes hungary karna sponsor saya stay dsana, more or less sama ya mas requirement nya?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear claudie

      Kalo persyaratan dokumen visa schengen pasti sama kecuali pas foto ukuran n backgaround yg diminta biasanya berbeda, trus proses pengurusan juga ada yg berbeda kalo belanda urus visa bisa sehari n perlu datang wwc tapi kalo france bisa diwakilkan kalo pake agent jadi cukup duduk manis saja cuman ada fee.itulah kelebihan visa schengen kita bisa urus visa dinegara mana saja. Oh ya mengenai sponsor (kadang gak enak ngerepotin sodara/teman/tante/aa dll) kalo claudie sekedar tourist trip ke eropa lebih enak sich gak usah pake sponsor cukup booking hotel via booking.com n reservasi pesawat sebagai pelengkap, keuntungannya tidak harus terpaku ke hungary bisa urus di jerman, belanda n perancis..tapi berdasarkan pengalamanku paling murah n mudah via belanda ...btw sebagai pengalaman saja bulan april lalu saya ke eropa, urus visa via perancis masuk via amsterdam krn naik garuda...semua lancar.
      btw maaf jelasinnya jadi kemana2. Semoga sukses yaaaa..

      Hapus
    2. Dear claudie

      Kalo persyaratan dokumen visa schengen pasti sama kecuali pas foto ukuran n backgaround yg diminta biasanya berbeda, trus proses pengurusan juga ada yg berbeda kalo belanda urus visa bisa sehari n perlu datang wwc tapi kalo france bisa diwakilkan kalo pake agent jadi cukup duduk manis saja cuman ada fee.itulah kelebihan visa schengen kita bisa urus visa dinegara mana saja. Oh ya mengenai sponsor (kadang gak enak ngerepotin sodara/teman/tante/aa dll) kalo claudie sekedar tourist trip ke eropa lebih enak sich gak usah pake sponsor cukup booking hotel via booking.com n reservasi pesawat sebagai pelengkap, keuntungannya tidak harus terpaku ke hungary bisa urus di jerman, belanda n perancis..tapi berdasarkan pengalamanku paling murah n mudah via belanda ...btw sebagai pengalaman saja bulan april lalu saya ke eropa, urus visa via perancis masuk via amsterdam krn naik garuda...semua lancar.
      btw maaf jelasinnya jadi kemana2. Semoga sukses yaaaa..

      Hapus
  7. hi, aku mau nanya dong..

    kalau mau ngurus visa ke belanda, kalau kita belum menikah memang harus pakai surat keterangan/ pernyataan dari orangtua?
    aku dapat info itu dari agent.
    makasih yaaa :)

    BalasHapus
  8. rasanya sich gak mba, masa menikah kesannya jadi syarat, kecuali mba masih student or biaya tanggungan ortu maka surat ijin keterangan pembiayaan memang harus dari orang tua

    BalasHapus
  9. rasanya sich gak mba, masa menikah kesannya jadi syarat, kecuali mba masih student or biaya tanggungan ortu maka surat ijin keterangan pembiayaan memang harus dari orang tua

    BalasHapus
  10. kalo kita sudah ada sponsor/teman disana yang sudah bersedia memberikan space buat saya menginap,masih perlu gak mas kalo saya booking hotel?(Rencana desember ini saya mau ke Hungaria). Terus kalau maksudnya "supporting letter from office" itu bagaimana? and terakhir, kalau tidak punya duit banyak, sementara sponsor saya sudah punya gaji lebih dari 1.300 euro/month.. kira" saya masih perlu melampirkan slip finansial dari bank / tidak? makasih mas perhatiannya...:-)

    BalasHapus
  11. dear rayson

    1. dengan adanya sponsor teman, maka jaminan bahwa disana bener ada yg undang dan ada yg menampung terpenuhi, sehingga tidak diperlukan lagi reaervasi hotel.
    2. supporting letter from office tetap diperlukan yg menjelaskan tentang bener karyawannya dan sedang cuti untuk travelling
    3. bukti rekening bank wajib dilampirkan karena menjelaskan kemampuan kita membiayai perjalanan selama disana

    BalasHapus
  12. Hallo mas.. klu sy di undng sm tmn dr belanda dan semua dia yg tanggung apakah sy masih harus punya sejumlah uang di tabungan? Klu misal uang sy tdk mencukupi gmna? Td dia sdh ke gemeente buat ambil formulir,tp dia blm kirim ke sy,krn paspor sy blm jadi.. lalu..klu srt undangan tsb sdh sy terima,langkah apa yg hrs y lakukan? Krn tmn y ini jg tdk tau menahu prosedur di indonesia.. yg jelas td dia bkg katanya hrs ikutkan slip gaji 3 bkn terahir dll.. sy stay di makassar,apakh sy hrs ke jkt utk ngurus visa?? Tambah biaya deh..hihihi ok mas mksih sblmnya..

    BalasHapus
  13. Dia ingin spy thn baru sy sdh ada di belanda..sekalian rasakan dinginya salju..tp apakh mgkin krn urusan di ambassade ribet bgtu.. mas.. tlg saran nya ya..dank je wel..

    BalasHapus
  14. dear mba vewe maaf sekali baru balas, kalo pihak pengundang sudah menjamin segala biaya selama disana dan sudah disahkan oleh pihak gementee di amsterdam fotocopy tabungan gak diperlukan lagi, langkah selanjutnya tinggal mba apply aja visa, mungkin bukan slip gaji tapi surat keterangan yang menerangkan bahwa mba bekerja di suatu perusahaan dan akan mengambil cuti untuk vacation, kalo dokumen yang dibutuhkan bisa liat diatas mba, trus kalo urus visa di kedutaan belanda sangat mudah bisa buat perjanjian via online dan harus ke jakarta atau surabaya, demikian mba

    BalasHapus
  15. Hai ada yang bisa bantu bikin Surat Pernyataan menggunakan bahasa Inggris untuk apply visa spain karena ada penambahan nama di set page 4 ? please help me tgl 31 oct ini mau jalan siapa yang bisa bantu blh kirim ke email saya david_bluecha@yahoo.co.id // counter4_dwigi@dwidayatravel.com


    BalasHapus
  16. Mksih mas abdul haris atas jawabannya.. mksih..

    BalasHapus
  17. Mau tanya mas, brati kalau mau ke jerman, saya bisa apply visa lewat belanda dan masuknya lewat Belanda? Jadi reservasi yang harus saya lakukan adalah booking hotel di Belanda? Dan sponsornya harus yang tinggal di Belanda?

    BalasHapus
  18. Duh mas sy deg2an nih mau apply visa bulan ini takut ditolak, dengan adanya sponsor kita sebagai penjamin apakah kita sdh pasti bs dapat Visa Schengen ? mksh info'a mas..

    BalasHapus
  19. Pak saya mau nanya dong. Saya punya teman dekat di Finlandia. Saya berniat mengunjungi negaranya beberapa tahun kedepan. Masalahnya ini mungkin pertama kali saya ke Eropa.Kebetulan saya mahasiswa tapi sambil kerja. Terus kalo masalah rekening koran pake punya sendiri/orang tua. kayaknya saya mau pergi sendiri. Oia di bilang mau memberi tempat tinggal membiayai perjalanan saya selama di Finland. Apa dia harus pergi ke GEMENTEE atau bagaimana, saya bingung. Mohon bantuannya. Bapak bisa email saya di bettyardhea@gmail.com

    BalasHapus
  20. Oia pak sekalian jelasin masalah Visa dan passport nya juga, saya masih bingung soalnya

    BalasHapus
  21. Dear wohoo kalo visa schengen prinsipnya bebas apply di kedutaan mana saja, tapi biasanya penentuan paling gampangnya kalo mau apply negara terlama yg dikunjungi atau negara pertama kita mendarat...oh ya kalo kesana mau jalan2 n booking hotel via agoda rasanya gak perlu pake sponsor cukup hotel yg kita tempati jadi referensi...sponsor itu diperlukan kalo mau mengunjungi teman, business atau gak plan nginap di hotl

    BalasHapus
  22. Dear rafii...kalo sudah ada sponsor n semua persyaratan lengkap harusnya amaaaan...didoakan semoga lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas tapi masalahnya si bos ga bs buat surat cuti saya dlm format english untuk embassy bs bantu ga mas untuk format'a. Saya msh menunggu dokumen sponsor yg dikirim ke saya.. pls tolong bantu donk mas thx

      Hapus
  23. Dear betty sebelum saya jawab, apakah betty kesana mau travelling aja atau tinggal diataa 3 bulan?

    BalasHapus
  24. Betty, kalo posisinya sekolah n kerja saran saya laporin yg kerjanya aja trus minta referensi kantor, invitation letter dan surat keterangan dari temenmu di finland yg menerangkan macam2 termasuk kesiapannya menanggung kamu selama disana, kalo belanda harus ke gementee tapi klo finland gak tau tapi pasti ada formatnya di website..oh ya rekening tabunganmu juga diperlukan bukan rek ortu

    BalasHapus
  25. Mas aku rencana mau ke Belanda januari atas undangan teman via online, dia punya very good job n salary kita keep contact via phone, chat, cam, skype.. kira2 apply visa bs di approved gak ? mohon pencerahan ty

    BalasHapus
  26. Mas, kl kt akan kebeberapa negara, tp disalah satu negara (belanda misalnya) kita akan numpang di rumah kerabat/teman disana selama 3 hari saja misalnya, apakah kita harus tetap punya bookingan hotel di belanda? dan tetap harus minta surat undangan dari teman yg dibelanda itu? (karena niatnya akan mengajukan visa tourist, bukan visa kunjungan)
    Thanks untuk pencerahannya mas :))

    BalasHapus
  27. mas,,, saya tanya dong,,,, saya dapat undangan dari pacar saya di perancis untuk datang kesana sekitar bulan juni-juli tahun depan,,,,
    dia sudah ngurus surat yang dari mayor disnaa,, sposorship letter,,,
    biasanya sponsirhip letter itu sudah include dengan surat menganggung kehodupan saya di sana kan ya mas???
    dan apakah rekening koran saya masih tetep di butuhkan jika sudah ada surat spronsor itu???
    mohon pencerahannya mas..:)
    merci!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mba, Rekening koran 3 bulan terbaru tetap dibutuhkan dan disiapkan mba..kan nanti waktu verifikasi mereka minta tapi kalo gak gak usah dikasi mba

      Hapus
  28. Selamat pagi..
    Mas saya mau tanya, saya berencana ke Swiss pada Mei mendatang, teman saya yang menanggung biaya selama 1 minggu saya di Swiss beserta tiket PP, Apakah jika saya sudah melengkapi berkas, visa saya akan diapprove, mengingat ini adalah perjalanan saya pertama kali ke luar negeri.. dan dapatkah saya mengurus visa schengen untuk ke swiss melalui kedubes Belanda? Mohon info dan bantuannya mas.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Approve visa sebenarnya bukan karena dia sering bepergian atau gak koq mba, selama persyaratan lengkap pasti di approve

      Hapus
  29. Mas Haris saya rencana berkunjung ke Norway untuk menghadiri conference Juni ini, ada letter of invitation tapi saya biaya sendiri, rencana sekalian liburan, saya juga sudah booking hotel lewat panitia conference, saya ada baca di web seseorang mengatakan kalau dibutuhkan juga untuk melegalisir akte kelahiran ke deplu, apa benar? dan mohon info apakah formulir visa schengen bisa diunduh lewat web krn saya tinggal di luar Jakarta..

    BalasHapus
  30. Dear mba sri, sejujurnya baru denger fc akte kelahiran yg di ttd deplu jadi persyaratan buat urua visa schengen, karena untuk urus visa schengen gak meminta akte koq kecuali untk keadaan tertentu

    BalasHapus
  31. Mas haris maaf mau nanya kalau di kedutaan finland apa juga ada bikin appointment kalau mau bikin visa soale diluar jakarta lokasinya.......thank u

    BalasHapus
  32. mas haris, aku boleh nanya ngga?
    aku mau ke belanda, udah beli tiket banget.
    aku kesana mau traveling tp tinggal di rumah temen. jadi pake biaya sendiri. tapi aku masih mahasiswa, uangnya dari nabung-nabung part time freelance serabutan gitu. perlu surat dari kantor juga atau slip gaji? kalo slip gaji orang tua ga bisa, soalnya orang tua saya bercerai, ga tau kemana (jalan-jalan mau refresing ehehe jadi curhat). Kalo uangnya ngepas bgt sama yang di persyaratan kedutaan, masalah ga sih?

    makasih ya mas buat infonya..

    BalasHapus
  33. Malam mas. mau tanya. kalo dapet invitation kan berarti pengundang jd sponsor, kalau saya di invite tapi tetap pakai biaya sendiri apakah harus menyertakan bukti tabungan pengundang? saya mahasiswa belum bekerja, tapi ada uang hasil nabung hehe

    BalasHapus
  34. siang mas haris kalau saya mau ke malta baik nya ke kedutaan mana ya soalnya malta tidak mempunyai kedutaan di indonesia, makasih

    BalasHapus
  35. makasih Mas bantuannya, kemarin bulan Desember saya sudah ke Hungary. Seneng sekali pokoknya..hehe

    BalasHapus
  36. Halo Mas.. mau tanya, untuk reservasi tiket, apakah boleh dilakukan bbrp minggu, sblm visanya keluar? misalnya saja, saya pesan tiket dari sekarang tgl 16juni, namnun kemungkinan visa keluar sekitar pertengahan juli. Terima kasih banyak

    BalasHapus
  37. Mas, saya ada rencana mau ke Belanda bulan Desember nanti. Saya mahasiswa dan rencananya akan tinggal di tempat kenalan saya selama berada disana. Jika saya menyertakan rekening koran saya 3 bulan terakhir dan uang yang ada adalah transferan dari orang tua saya, apakah itu akan dianggap "dana pinjaman" juga? Terima kasih..

    BalasHapus