Jumat, 18 Mei 2012

Ada apa di Cirebon?

Kali ini jalan2ku terfokus pada sebuah kota di pesisir pantai utara jawa barat, yang ternyata menyimpan banyak tempat tempat istimewa yang sangat layak untuk dikunjungi. Kenapa?
Ada 3 obyek yang menarik di kota Cirebon yaitu: wisata keraton, kuliner dan pengrajin batik.
Berikut catatan kecil perjalananku
17Mei, Cirebon kami tempuh via darat dari Jakarta selama 5 jam dan tepat jam 2 dinihari kami tiba di kota Cirebon selanjutnya kami istirahat di rest area sampai jam 7 pagi. Tour pertama dimulai :
Wisata Keraton:
Ada 3 keraton yang kami kunjungi dan sangat bermanfaat untuk pengetahuan kita dan anak2 karens dapat mengenal lebih dekat cerita tentang sunan gunung jati dan cerita bagaimana para walisongo menyebarkan islam lewat gamelan dan wayang, ada 3 istana atau keraton yang wajib dikunjungi yaitu keraton Kasepuhan, keraton Kacirebonan dan Keraton Kanoman, selain itu kami jugs mengunjungi Mesjid bersejarah Mesjid Merah yang menarik adalah mesjid ini terbuat dari batu merah yg tidak dibungkus semen dan pintu masuk mesjid yang sangat kecil, lalu disamping mesjid ada mata air yang dipercaya sebagai sumber obat. Selanjutnya....
Wisata Kuliner
Ada 3 jenis makanan khas yang sangat terkenal dan enak di Cirebon yaitu nasi Jamblang (nasi dibungkus daun jati dan lauknya bebas pilih ada paru, rajungan, limpa dll) ueenaakkkk tenan. Nasi lengko (nasi yang dibubuhi tahu, tempe dan sambel) dan empal gentong (mirip mirip soto bogor berkuah santan dan isinya jeroan) ueeeenak ee ree. Puas dengan kuliner selanjutnya....
Wisata Batik
Mau batik yang murah dan berkualitas Trusmi nama tempatnya, trusmi bukan toko tapi perkampungan batik dimana setiap rumah yang ada di daerah Trusmi adalah pengrajin batik, yang menarik adalah kita bisa menyaksikan langsung cara membuat batik dan bisa membeli batik yang sudah jadi dengan harga yang cukup murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar